Wednesday, June 1, 2011

Kekuatan Ducati Monster 1100 Evo

 Ducati Monster 1100 Evo (MCN)

BOLOGNA – Awal tahun ini Ducati menelurkan keluarga Monster dengan mengeluarkan Monster 1100 Evo. Ducati mengklaim motor ini paling bertenaga sekaligus aman dikendarai.

Tak pelak bila Monster 1100 langsung menjadi motor favorit para pecinta motor sport dengan tenaga besar. Namun, Monster 1100 bukanlah motor yang praktis untuk dikendarai. Hanya, motor ini menjadi kuda besi yang bergaya klasik namun mengusung teknologi modern.
 
Perbedaan besar dengan varian sebelumnya adalah tenaga yang naik mencapai 100 Dk. Naik lima Dk dari versi sebelumnya. Monster 1100 Evo juga mendapat penyempurnaan di bagian mesin Desmodromic L-Twin dengan menggendong dua silinder, dua klep pada setiap silinder.

Desain knalpot mendapat pembaruan dan sudah tidak lagi berada di bawah jok motor. Konfigurasi knalpot 2-1-2, catalytic converter dan dijamin sudah lolos standar emisi Euro 3. Mufflernya berbahan dasar almunium yang diklaim Ducati menjadi ringan.

Ada yang unik dengan Monster 1100 Evo ini, yakni menggunakan sistem kopling basah. Namun, pemilihan ini diganjar dengan suara perpindahan gigi yang menjadi lebih halus, setelah kopling dilumasi oli.

Bagian suspensi mengalami perubahan dengan menggendong Marzocchi 43 mmdengan diameter yang sama. Peleknya juga memiliki desain palang baru. Yang paling istimewa adalah rem ABS (antilock brake system) dan DTC (Ducati Traction Contro).

Chassis
Frame : Tubular steel Trellis frame
Wheelbase : 1450mm (57.1in)
Rake : 24°
Front suspension : Marzocchi 43mm fully adjustable usd forks
Front wheel travel : 130mm (5.1in)
Front wheel : 10-spoke in light alloy 3.50 x17
Front Tyre : 120/70 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
Rear suspension : Progressive with preload and rebound Sachs adjustable monoshock
Rear wheel travel : 148mm (5.8in)
Rear wheel : 10-spoke in light alloy 5.50x17
Rear tyre : 180/55 ZR17 Pirelli Diablo Rosso II
Front brake : 2 x 320mm discs, 4-piston radial calliper with ABS
Rear brake : 245mm disc, 2-piston calliper with ABS
Fuel tank capacity : 13,5l (3.6USgal)
Dry weight : 169kg (373lb)
Instruments : Digital unit displaying: Speedometer, rev counter, time, scheduled maintenance warning, oil temperature, trip fuel, lap time, warning light for low oil pressure, fuel level, fuel reserve, neutral, turn signals, warning ABS, overrev, DTC, immobilizer. Ready for DDA system.
Warranty : 2 years unlimited mileage
Body Colour (frame/wheel) : Red with white stripe (red / black) - Diamond Black with Racing grey stripe (racing gray / black)
Versions : Dual seat
Seat height : 810mm (31.9in)

Engine
Type : L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air cooled
Displacement : 1078cc
Bore x Stroke : 98 x 71.5mm
Compression ratio : 11.3:1
Power : 100hp (73.5kW) @ 7500rpm
Torque : 76lb-ft (10.5kgm) @ 6000rpm
Fuel injection : Siemens electronic fuel injection, 45mm throttle body
Exhaust : Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and two lambda probes. Twin aluminium mufflers

Transmission
Gearbox : 6-speed
Ratio : 1=37/15 2=30/17 3=27/20 4=24/22 5=23/24 6=24/28
Primary drive : Straight cut gears; Ratio 1.84:1
Final drive : Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 39
Clutch : Wet multiplate with hydraulic control

Emissions
Standard : Euro 3

No comments:

Post a Comment