Wednesday, June 1, 2011

Motor Sport Tua Ini Ditawarkan Rp 6,4 Miliar

AJS E95 1954.
TEMPO InteraktifLondon - Sebuah motor sport buatan AJS Inggris, AJS E95, pekan depan akan dilelang rumah lelang kenamaan Inggris, Bonhams. Rumah lelang ini membuka harga penawaran US$ 750 ribu atau sekitar Rp 6,4 miliar.


motor yang berjuluk Porcupine atau si Landak itu dibuat pada 1954. Dia merupakan satu di antara empat AJS E95 yang pernah dibuat.

“AJS Porcupine dirancang khusus untuk balap. Model ini merupakan generasi kedua dan hanya diproduksi empat unit,” ungkap sumber di Bonhams seperti dilansir wired.com.

Motor ini mengusung mesin 500 cc yang dikembangkan pada akhir Perang Dunia II. Mesin tersebut dibuat dengan karakter dan sistem kerja yang mirip dengan mesin yang telah dilengkapi peranti supercharger. Walhasil, tenaga yang disemburkan benar-benar dahsyat.

AJS mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin E95 mencapai 55 daya kuda. Mesin ini menggunakan silinder horizontal sehingga proses pendinginan mesin lebih optimal dan pusat gravitasi rendah.

Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda dengan peranti transmisi empat kecepatan. Hanya, tak seperti pendahulunya, generasi keempat itu tak pernah mencicipi predikat juara laga balap Grand Prix pada masanya.

No comments:

Post a Comment